Tentang BPM UNIZAR

Fathurrahman, S.E., M.Ak — Kepala Badan Penjaminan Mutu

Assalamu’alaikum wr.wb

Selamat datang di Badan Penjaminan Mutu Universitas Islam Al-Azhar.

Badan Penjaminan Mutu (BPM) adalah badan yang bertanggung jawab terhadap pembangunan, pelaksanaan, dan pengembangan Sistem Manajemen Mutu dan Sistem Penjaminan Mutu di lingkungan Universitas Islam Al-Azhar.

BPM berkedudukan di universitas dan mempunyai perwakilan di tingkat Fakultas yang disebut Unit Penjaminan Mutu  (UPM), serta bertanggung jawab langsung kepada Rektor.

Badan Penjaminan Mutu UNIZAR dibentuk sebagai upaya kelembagaan internal Universitas Islam Al-Azhar  untuk senantiasa meningkatkan mutu akademik maupun non akademik guna mendukung tercapainya Visi UNIZAR sebagai universitas terkemuka di tingkat regional yang menghasilkan lulusan cerdas, berilmu dan beriman pada tahun 2029.

Adapun peran BPM UNIZAR adalah untuk memastikan/menjamin input, proses dan output sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan Mutu di UNIZAR sebagai budaya yang ditunjukkan oleh sikap, kebiasaan, perilaku berorganisasi, etos bekerja, berkarya, melayani, berinteraksi dengan kolega, pimpinan dan masyarakat serta stake holder dengan hasil yang terbaik. Budaya mutu bisa dibangun dan dikembangkan dengan komitmen segenap sivitas akademika UNIZAR.

Dalam implementasi penjaminan mutu, BPM Universitas Islam Al-Azhar menggunakan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI), Standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan standar yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi.

 

Wassalamu’alaikum wr.wb

 

Fathurrahman, SE. M.Ak
Kepala Badan Penjaminan Mutu
Universitas Islam Al-Azhar